Selasa, 29 Maret 2016

Perkembangbiakan Virus (Replikasi Virus)

Perkembangbiakan virus atau replikasi virus dibedakan menjadi dua, yaitu siklus litik san siklus lisogenik (Campbell dkk., 2000). Siklus litik terdiri dari lima tahap, yaitu adsorbsi, injeksi, sintesis, perakitan, dan litik. Penjelasan siklus litik sebagai berikut:

Siklus Litik
1) Tahap adsorbsi (penempelan)
Pada tahap ini ujung ekor Bacteriofage menempel pada dinding sel bakteri. Virus kemudian mengeluarkan enzim lisozim (enzim penghancur) yang berfungsi untuk melubangi dinding sel bakteri.
2) Tahap injeksi (penetrasi)
Pada tahap ini ujung ekor virus dan dinding sel bakteri telah menyatu. Setelah menyatu akan terbentuk lubang di dinding sel bakteri, lalu DNA virus masuk ke dalam sel bakteri.
3) Tahap sintesis (pembentukan)
Pada tahap ini, setelah DNA menyisip ke DNA bakteri, DNA virus mengambil alih kendali DNA bakteri. DNA virus akan bereplikasi atau menggandakan diri dalam jumlah banyak.
4) Tahap perakitan
Pada tahap ini DNA virus yang baru dengan menggunakan DNA bakteri sebagai bahan kepala, ekor, dan serabur ekor virus dirakit menjadi virus atau Bacteriofage baru (Lucianus, 2003).
5) Tahap litik
Setelah terbentuk virus yang baru, dinding sel bakteri akan litik (pecah). Kemudian virus yang baru akan keluar dan siap untuk menyerang inang (bakteri) yang baru.

Siklus Lisogenik
Siklus lisogenik memiliki tahapan yang lebih banyak dari pada siklus litik. Tahap adsorpsi dan tahap injeksi sama dengan siklus litik. Akan tetapi, sebelum tahap sintesis virus terlebih dahulu melewati tahap penggabungan dan tahap pembelahan. Kemudian dilanjutkan dengan tahap perakitan dan tahap litik (Campbell dkk., 2000). Penjelasannya sebagi berikut:
1) Tahap adsorpsi dan tahap injeksi
Tahap adsorpsi dan tahap injeksi pada siklus lisogenik sama seperti tahap adsorpsi dan tahap injeksi pada siklus litik.
2) Tahap penggabungan DNA
Tahap penggabungan yaitu tahap ketika DNA virus bergabung dengan DNA bakteri.
3) Tahap replikasi DNA
Tahap ini DNA virus telah bergabung dengan DNA bakteri. Bakteri yang mempunyai DNA gabungan disebut profage. Pada tahap profage, DNA virus tidak aktif . Saat DNA bakteri bereplikasi, maka DNA virus juga ikut bereplikasi.

Tekan video untuk memutar!

Siklus Litik dan Siklus Lisogenik pada Virus
(https://www.youtube.com/watch?v=hD1MpACdNbs)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar